Kumpulan Informasi Tentang Bisnis Dan Marketing Online

Thursday, January 7, 2016

Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap

Pengertian & Contoh Paragraf Induktif - Apakah Anda tahu apa itu paragraf induktif? Mungkin itu pertanyaan yang seringkali diajukan oleh siswa yang baru mengenal istilah paragraf kepada guru di sekolahnya. Nah, pada kesempatan kali ini Espilen Blog akan menjelaskan atau menjabarkan sedikit tentang pengertian dan juga contoh dari paragraf induktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang berpola dari khusus ke umum, artinya paragraf yang diawali dengan beberapa kalimat penjelas kemudian ditarik kesimpulan yang berupa umum. Sehingga kalimat utamanya terdapat di akhir paragraf. Mempelajari Bahasa Indonesia memang sangat mengasyikan, karena merupakan bahasa negara kita sendiri jadi akan terasa lebih mudah memahaminya ketimbang bahasa asing. Karena kita sudah menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari sejak masih kecil.

Namun mungkin yang membuat kita merasa kesulitan dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah beberapa materi yang mengharuskan kita hafal agar kita mengerti maksud dari materi tersebut, sebut saja tentang majas, pantun, puisi, atau seperti paragraf induktif ini. Untuk polanya sendiri jika digarisbesarkan adalah seperti ini : Khusus - Umum, jadi bagian yang menjadi intisari dari tulisan tersebut terdapat di bagian akhir paragraf dari tulisan tersebut. Materi mengenai jenis paragraf yang satu ini mungkin sering kita temui dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, baik SD, SMP, maupun SMA. Terkadang kita lupa mengenai apa itu paragraf induktif? Nah, bagi Anda yang telah lupa atau baru ingin belajar, berikut ini kami berikan contohnya. Selain membaca artikel ini, mungkin Anda ingin pula membaca artikel Contoh Kata Sambutan.

Paragraf Induktif
Pengertian & Contoh Paragraf Induktif Lengkap

Contoh Paragraf Induktif 1
Penyair akan membuat sebuah puisi dengan cara menuangkan imajinasinya, barulah tercermin sebuah puisi. Pengarang novel merangkai ceritanya dengan pengembangan imajinasi. Demikian juga seniman akan menggoreskan lukisan didahului dengan imajinasinya ke arah yang sebenarnya. Memang benar imajinasi diperlukan dalam menciptakan suatu karya.

Contoh 2
Oleh sebab itu saya sangat setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti seminggu sekali. Karena, jika lingkungan hidup bersih maka kita juga akan sehat. Maka dari itu, kegiatan kerjanbakti sangat penting di lingkungan sekolah.

Contoh 3
Penampilannya unik, dalam 1 daun ada dua warna atau lebih. Kelangkaannya membuat ia diburu para kolektor. Harganya menyamai karya seni, meroket ratusan kali lipat. Hanya satu yang diinginkan para kolektor, yaitu keeksklusifannya. Bayangkan saja, peluang satu berbanding satu juta kelahiran. Itulah taman variegate.

Contoh 4
Demam yang tinggi yang terjadi selama beberapa hari dapat dicurigai sebagai demam berdarah. Seseorang yang menderita demam berdarah juga mengalami pendarahan dari lubang hidung atau biasa disebut mimisan. Selain itu, muncul bintik-bintik merah pada tubuh. Semua gejala tersebut hendaknya diperhatikan sehingga jika terjadi gejala-gejala tersebut, penderita bisa ditolong dan ditangani dokter.

Setelah selesai membaca informasi ini mungkin artikel daftar riwayat hidup bisa juga Anda baca untuk meningkatkan wawasan seputar materi Bahasa Indonesia. Mungkin ini adalah materi yang paling sering kita temui dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Bagaimana, sudah mengerti apa itu paragraf induktif. Semoga artikel pengertian paragraf induktif ini dapat bermanfaat.
0

0 comments:

Post a Comment