Kumpulan Informasi Tentang Bisnis Dan Marketing Online

Monday, January 11, 2016

Contoh Surat Resmi Yang Baik & Benar Lengkap

Contoh Surat Resmi - Dalam aktivitas atau kegiatan yang bersifat resmi, seperti di sekolah ataupun Dinas Pendidikan pastinya sebuah surat resmi bukanlah hal yang asing dan bahkan sering dipergunakan setiap hari. Surat resmi berfungsi sebagai media komunikasi yang memberikan informasi kepada pihak lain yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya secara hukum. Contohnya seperti, surat resmi perusahaan, surat permohonan, surat pemberitahuan, sekolah dan lain sebagainya.

Meskipun pada dasarnya saat ini penggunaan surat sudah jarang digunakan dalam hal pribadi, karena sudah ada pesan singkat melalui ponsel. Namun untuk kegiatan yang bersifat formal, seperti sekolah, kerjasama bisnis antar perusahaan, OSIS, pastinya menggunakan surat resmi karena jika hanya menggunakan pesan singkat ponsel tidak sopan dan tidak professional. Jadi, penggunaan surat resmi lebih diutamakan dalam kegiatan atau aktivitas yang bersifat formal.

Contoh nyatanya adalah saat dimana kita harus membuat sebuah surat resmi ketika saat pihak organisasi suatu perusahaan ingin mengundang pertemuan atau rapat dengan beberapa perusahaan lain. Pastinya surat dengan topik tertentu ini akan sangat bermanfaat bagi si penerima surat tersebut untuk mengetahui dan memahami kegiatan apa yang ingin dilakukan. Dan melakukan pertimbangan apakah menerima pertemuan tersebut. Dan berikut ini adalah kumpulan contoh dari surat yang bersifat resmi yang Espilen Blog informasikan untuk Anda.

Contoh Surat Resmi
Contoh Surat Resmi Yang Baik & Benar Lengkap


Adapun Ciri-ciri Surat Resmi adalah sebagai berikut:
  1. Surat menggunakan bahasa yang baku
  2. Terdapat Kop Surat
  3. Tanggal Surat alamat tujuan
  4. Memiliki Nomor Pengarsipan
  5. Hal, yaitu pemberitahuan mengenai isi surat
  6. Harus ditandatangani dan dibubuhi stempel instansi/badan.perusahaan
  7. Terdapat tembusan surat (bila perlu)

Contoh Surat Resmi

#Contoh Dari Instansi/sekolah ke individu


SMA Negeri 1 Bogor
Jalan Ir. H. Juanda No. 17 Bogor
No. Telp. (0251) 8321798
_________________________________________________________________________

Bogor,  11 Juni 2015
No : 11/SMAN 1 Bogor/06/2015                                      
Lampiran : -
Perihal : Undangan

Yth.
Orang tua/Wali Murid Kelas XII
SMA Negeri 1 Bogor

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Bogor Khususnya kelas XII. Maka pada surat kali ini kami selaku badan pendidikan sekolah kami tercinta, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPS maupun IPA di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :


Hari/Tanggal : Sabtu, 15 Juni  2015
Pukul : 08.45 s.d. 12.45
Tempat : Kebun Raya, Bogor
Acara :  Penelitian Tumbuh-tumbuhan Langka

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                                             
Kepala Sekolah
SMAN 1 Bogor
Ttd, 


Amalia Fauhanisa, S.Pd






Contoh Surat Resmi Sekolah



Bogor, 28 Agustus 2015
Yth. Bapak/Ibu Guru Wali kelas
di
Tempat


Dengan hormat,  yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama  : Amalia Fauhanisa
Kelas  : XII. IPA. 2

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya pada hari ini Kamis, 20 September 2015 tidak bisa masuk sekolah dan mengikuti pelajaran Bapak dan Ibu Guru sepenuhnya karena ada acara keluarga yang tidak dapat anak saya tinggalkan

Karena itu saya mohon kepada Bapak/Ibu guru dapat memaklumi ketidakhadiran anak saya hari ini, Atas berkenan dan Izin dari Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.


Ttd.




(Nama Orang Tua)


Membuat surat resmi sebetulnya cukup mudah, kita hanya perlu memahami saja apa kaidah penulisan yang harus kita tuangkan, dan setelah itu kita hanya membuat kata kata yang baik dan sopan agar surat yang dibuat sempurna. Nah, itulah contoh dari surat resmi yang baik dan benar dari Espilen Blog. Mudah-mudahan ada manfaat yang bisa didapatkan sesudah menyimak informasi ini.
0

0 comments:

Post a Comment